Virus China Pengaruhi Sektor Pariwisata Indonesia

Sumber foto: Beritasatu.com
Lontar Pos - Sektor pariwisata Indonesia akan terpengaruh oleh wabah virus China (virus korona) ketika wisatawan Tiongkok membatalkan rencana perjalanan mereka, demikian kata menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (29/01/2020).

Seperti diketahui, China adalah salah satu sumber turis terbesar untuk Indonesia, terutama untuk destinasi seperti pulau dewata Bali. Data badan statistik menunjukkan hampir 2 juta wisatawan Tiongkok mengunjungi Indonesia antara Januari-November tahun lalu, atau sekitar 13% dari total kedatangan wisatawan pada periode itu.

Virus China telah membunuh lebih dari 130 orang di China dan hampir 1.500 kasus baru dilaporkan pada hari Selasa (28/01/2020). Dalam upaya menanggulangi penyebarannya, Beijing telah melarang kelompok wisata untuk mengunjungi negara lain.

“Sektor pariwisata akan terkena dampak dan ini adalah sesuatu yang perlu kita pantau dengan cermat karena ini adalah salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang diandalkan Indonesia,” kata Indrawati kepada para wartawan.

Di Bali sendiri, sebagaimana dikatakan wakil ketua Dewan Pariwisata Bali, telah dilakukan hampir 10.000 pembatalan wisata.

Maskapai penerbangan Indonesia Lion Air Group mengatakan telah menangguhkan enam rute penerbangan ke China dan akan menangguhkan semua penerbangan ke China mulai bulan depan.

Indrawati mengatakan Indonesia juga akan memonitor dengan cermat bagaimana pemerintah Cina akan menopang pertumbuhan ekonomi setelah wabah.  Cina adalah mitra dagang utama Indonesia dan sumber investasi asing. (Reuters, 29/01/2020)



Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4