Ponsel Berkeringat

Sumber: bahasateknologi.com


Lontar Pos—Apakah Anda pernah membayangkan bahwa suatu saat telepon seluler (ponsel) akan berkeringat ketika terlalu panas? Apalagi dalam pengalaman selama ini beberapa kali ponsel meledak sendiri dan membahayakan penggunanya.
Di masa depan, ponsel akan memiliki kemampuan canggih seperti itu. Sebagaimana manusia atau hampir semua mamalia, ponsel akan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan keringat secara otomatis. Para ilmuwan di Tiongkok sedang membuatnya. Dengan demikian, ponsel akan mampu mengatur suhunya sendiri atau mendinginkan tubuhnya ketika terlalu panas.
Mungkin Anda bertanya bagaimana mungkin hal itu terjadi? Lapisan berbasis logam yang ketebalannya tiga kali rambut manusia akan bekerja menurunkan suhu elektronik dengan melepaskan air.
Penulis senior Ruzhu Wang yang mempelajari teknik pendinginan di Universitas Jiao Tong Shanghai mengatakan pengembangan mikroelektronika menempatkan tuntutan besar pada teknik manajemen termal yang efisien karena semua komponen dikemas rapat dan cip dapat menjadi sangat panas.
Menurut para peneliti, metode inovatif tersebut masih terlalu mahal digunakan saat ini, tetapi bukan tidak mungkin diterapkan di masa depan. Teknologi itu juga bisa diterapkan ke semua perangkat elektronik, termasuk tablet dan telepon. (Sumber: Daily Mail/Hym/X-7 dan Media Indonesia, 27/01/2020)

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4